Thursday, September 22, 2005

Memulai Usaha Kecil Baru

Ada 2 cara mewujudkan suatu usaha bisnis baru :

1. Memulai usaha dari awal
Beberapa pengusaha merasa lebih puas dengan memiliki usaha dan menentukan semuanya sendiri. Mulai dari produk, gaya manajemen, penentuan pemasok dan lain2. Tetapi, resiko kegagalan pun lebih besar dibanding dengan membeli waralaba karena nama perusahaan yang belum dikenal.

2. Membeli usaha yang sudah ada
Yang dimaksudkan dengan membeli di sini adalah membeli lisensi atau waralaba. Bisnis itu sendiri biasanya sudah dikenal orang, kita tinggal melanjutkannya dengan persyaratan yang ditentukan pemilik waralaba. Kekurangan dari membeli usaha ini adalah, pengusaha tidak bebas menentukan produk dan manajemen yang diinginkan. Namun keuntungannya adalah, kemungkinan gagal lebih kecil karena nama mapan yang sudah dimiliki oleh bisnis itu sendiri.

Para konsultan bisnis dan kreditur pada umumnya menyarankan para pengusaha baru yang belum memiliki pengalaman untuk memilih cara yang kedua, karena kemungkinan gagal lebih kecil.

32 Comments:

Blogger MUTIARA said...

Halo mbak Sinta, salam kenal ya...
Saya membaca blog mbak Sinta dan merasa mendapat ilmu dr mbak.
Mbak, saya sdh cukup lama bekerja dari saya lulus SMU Th. 2001, dan rasanya sekarang saya mulai jenuh. Jenuh dengan rutinitas bekerja stiap hari di perusahaan orang. Jenuh juga harus selalu mengikuti perintah orang. Dan akhir2 ini saya mendapat ide untuk membuka usaha sendiri, ya kecil2an sih, krn memang modal saya tdk banyak. Saya rencana ingin membuka toko Aksesoris Komputer, krn saya berniat minta konsinyasi dr beberapa suplier yg sdh sy kenal. Jadi saya hanya perlu menyiapkan tempat dan modal yg relatif kecil. Selain itu, pertimbangan saya adalah karena sy cukup berpengalaman dlm jual beli aksesoris komputer. Menurut mbak Sinta gmn? Mohon ide yg lebih baik ya mbak. Terima kasih...

11:30 PM  
Anonymous Panji said...

Salam kenal buat mbak Sinta dan Mutiara,

Mencari perusahaan atau suplier yang mau kerjasama konsinyasi, gampang2 susah. Mereka kadang melihat track record dari toko kita (kalo baru biasanya dari pemilik toko).
Nah karena sudah punya pengalaman, kenapa tidak menggunakan "link" dengan suplier yang dulu sempat anda kenal di perusahaan lama?
Ok sukses selalu

Panji

6:42 AM  
Anonymous sambis said...

salam kenal
sekedar membagi Informasi, kami dari TENDAKU Bandung membuat dan menjual berbagai macam tenda,
menerima pemesanan tenda dengan ukuran, model & design yang variatif (sesuai pemesan).
untuk Informasi lebih lengkap silahkan hubungi kami di :
http://www.tendaku.net atau http://www.mrcamp.net
terimakasih..

3:49 AM  
Anonymous Anonymous said...

salam kenal semua...
kita dari rampat cirengkoe menawarkan usaha kecil yang pastinya mudah, dengan fasiltas kemitraan GRATIS, jangan nyesel bikin kamu" ketagihan jalanin usaha ini,klik di sini ya!!!
www.cirengisi.com
www.marketing@cirengisi.com

2:11 AM  
Anonymous Anonymous said...

horass.semoga sukses buat sinta si regar.budi baik mu kelak mendapat berkah. saya sumbangkan ide untuk yang muda.menambah isi blog ini.kalau mau buka usaha jangan ikut orang lain anggapp semua itu gagal.agar kelak di kemudian hari indonesia bisa mampu buat nuklir dalam bentuk di fusi.selalu optimis.usia saya 40,1 thn saya belajar pentium 1 tahu ke 2 saya sudah bisa makan dari komputer.tahun ke 3 sekarang bayak pejabat dan pengusaha geleng kepala sama usaha saya sebagai tk poto express.satu kunci ya.saya tidak ikut ikutan.kalau ilmu saya pun rendah,

6:33 AM  
Anonymous Forum UKM Indonesia said...

Artikel yang bermanfaat..

Salam Kenal
Forum UKM Indonesia

10:58 AM  
Blogger Dodit said...

kayaknya milih yang pertama deh...
bisa belajar dari proses...

9:02 AM  
Blogger Aneka Online said...

Lelah jadi karyawan ? Mau punya bisnis/usaha, tapi modal kecil ?. Silahkan baca "Pengantar Bisnis Online", silahkan download dulu disini

4:21 AM  
Blogger karuhun_13 said...

***PELUANG USAHA AROMANIS***
bahan yang digunakan adalah lah gula pasir dengan perbandingan 1 kg gula mampu menghasilkan 30 – 40 kantung harum manis besar dengan harga jual Rp.5000/kantung.
modal untuk 1 kg gula
1 kg gula Rp. 8.800,- ( harga sewaktu-waktu bisa berubah)
gas elfiji Rp.2000.- ( cuma sedikit)
plastik Rp. 5.000,-
jadi jumlah modal untuk membuat gulali dari 1 kg gula adalah Rp. 15.800,-
1 kg gula = 35 kantung ( kita ambil tengahnya saja)
dengan harga jual Rp. 5.000,-/kantung
25 X 5.000 = Rp. 125.000,-
jadi ,

125.000 - 15.800 = Rp. 109 .0200,-
maka keuntungan yang akan diperoleh dari 1kg gula
adalah Rp. 109.200,-
sumber: http://mesinaromanis.blogspot.com/

9:18 AM  
Blogger karuhun_13 said...

***PELUANG USAHA AROMANIS***
bahan yang digunakan adalah lah gula pasir dengan perbandingan 1 kg gula mampu menghasilkan 30 – 40 kantung harum manis besar dengan harga jual Rp.5000/kantung.
modal untuk 1 kg gula
1 kg gula Rp. 8.800,- ( harga sewaktu-waktu bisa berubah)
gas elfiji Rp.2000.- ( cuma sedikit)
plastik Rp. 5.000,-
jadi jumlah modal untuk membuat gulali dari 1 kg gula adalah Rp. 15.800,-
1 kg gula = 35 kantung ( kita ambil tengahnya saja)
dengan harga jual Rp. 5.000,-/kantung
25 X 5.000 = Rp. 125.000,-
jadi ,

125.000 - 15.800 = Rp. 109 .0200,-
maka keuntungan yang akan diperoleh dari 1kg gula
adalah Rp. 109.200,-
sumber: http://mesinaromanis.blogspot.com/

9:19 AM  
Anonymous mudin said...

TERIMA KASIH ATAS SEMUA ISI BLOGNYA
SEMOGA BERMANFAAT BUAT SAYA DAN YG LAINNYA....

JGN LUPA KUNJUNGI JUGA BLOG KAMI DI...
http://internarticle.blogspot.com/

8:38 PM  
Blogger Insaan22 said...

Sebelumnya terima kasih karena telah membuat Artikel yang bermanfaat ini.

Pilihan ke 1 or ke 2 punya kelebihan dan kekurangan masing2, yang terpenting adalah bagaimana kita memulai menjalani usaha dan pandai mengambil peluang.

Berikut di bawah ini link usaha kami:
Usaha Kecil Insaan22

12:41 AM  
Blogger My Profil said...

Salam kenal mba..
Saya bertahun2 kerja dan sedang memikirkan utk memmulai usaha kecil2an, contohnya harum manis.
Nah yg saya mau tanyakan adalah, jika saya membuat usaha tersebut apa2 saja yg harus saya persiapkan yg berkaitan dgn izin usaha saya tsb, maksudnya surat2/izin apa saja yg harus ada atau bisa langsung jualan saja?.Adapun jika Stand2 harum Manis tersebut ingin ditempatkan di lokasi2 tertentu spt, mall/tempat hiburan apakah hrs ada izin khusus dari deperindag dan hal2 yg berkaitan dgn usaha makanan apakah hrs ada legalisasi "Halal" walaupun bahan dasarnya adalah Gula.
Tolong ya Mbak, saya mohon masukan dan bantuannya, jika berkenan bisa by email:
scorpion_king_jkt@yahoo.co.id

makasih Sebelum dan sesudahnya

9:04 PM  
Anonymous Thio said...

HALLO MBAK SINTA, setelah saya membaca blog mbak ternyata tepat sekali kegagalan yang pernah saya alami dalam usaha rumahan saya, blognya sangat bermanfaat dan saya akan selalu datang kembali....

1:16 PM  
Anonymous komarudin said...

Peluang bisnis ini perlu dipertimbangkan, karena disamping tidak membutuhkan modal yang besar, pembelian berulang sangat mungkin terjadi (penampilan yang menarik menjadi idaman setiap kaum hawa) :

Cream herbal algae, krim kecantikan herbal yang alami dan aman mempunyai potensi keuntungan yang cukup besar. Kami mengajak untuk memasarkan produk ini, dapatkan diskon hingga 40%! Segera contact Bu Eva 02194029909/081282503744 (tersedia juga cream lanjutan khusus untuk usia remaja dan serum vitamin C & E)

3:22 PM  
Anonymous waralaba modal kecil said...

mantab sekali artikel nya.. semoga selalu menginspirasi semua orang.. dan terus berkarya... amien http://ketananna.com

1:29 AM  
Anonymous era said...

luar biasa ilmu yang di share

3:06 PM  
Anonymous agus @ W-ERP said...

menurut pengalaman saya apa pun bisa kita lakukan asalkan dengan niat dan semangat kerja keras

2:23 AM  
Blogger pego said...

salam kenal n salam maju buat mba sinta n semua pndukung blog ini, mba sinta kira-kira berat gak untuk memulai usaha dengan membuka laudry dan apa saja yang perluh di persiapkan unutk memulainya(bahan2nya) selain tempat dan mesin cucinya. dengan modal yang pas-pasan

12:50 AM  
Blogger pego said...

salam kenal n salam maju buat mba sinta n semua pndukung blog ini, mba sinta kira-kira berat gak untuk memulai usaha dengan membuka laudry dan apa saja yang perluh di persiapkan unutk memulainya(bahan2nya) selain tempat dan mesin cucinya. dengan modal yang pas-pasan

12:52 AM  
Blogger pego said...

salam kenal n salam maju buat mba sinta n semua pndukung blog ini, mba sinta kira-kira berat gak untuk memulai usaha dengan membuka laudry dan apa saja yang perluh di persiapkan unutk memulainya(bahan2nya) selain tempat dan mesin cucinya. dengan modal yang pas-pasan

12:53 AM  
Anonymous CaraBisnisPulsa said...

Terus terang iniinfomasi sangat menarik sehingga menambah
wawasan dan pengetahuansaya.
Makasih banyak, ditunggu posting
lainnya...

9:13 AM  
Anonymous Contoh Iklan said...

membuka usaha jangan menunggu modal kita besar, selagi ada kesempatan dan peluang pasar yang luas kita bisa mendirikannya dengan di ikuti keyakinan kalau usaha yang akan didrikan akan berhasil.. tapi jangan lupa berdoa juga ya. karena yang menentukan keberhasilan tidaknya suatu usaha adaalah yang KUASA.. semangat saja dahhh !! :)

10:22 PM  
Anonymous Dunia Photo13 said...

saya mau berbagi pengalaman..
saya membuka usaha studio photo kecil2an, sudah hampir 12 bulan saya buka usaha studio. penghasilan saya setiap bulanya belum tentu bahakan pernah dalam waktu 2bulan tak dapat pemasukan sama sekali, bisa di bilang RUgi, bulan2 berikutnya pun tidak sesuai dengan harapan saya... hingga 12 bulan ini hanya baru masuk 20% dari modal yg saya keluarkan.. tapi mau gimana lagi, dalam bisnis usaha, memang banyak factor yang harus kita jalani, dari persaingan, nama usaha yg belum di kenal, bahkan konsumen pun berbeda pendapat, y mungkin karena sudah terbiasa dengan studio yg lainnya. jangan lupa kota, sebuah kota yang besar menjadi patokan yg harus benar2 di pikirkan. saya pernah kerja di studio photo sebelum saya bka sendiri, bilang aja 4R, di saat saya ikut orang lain harga 4r itu bisa saya jual dengan harga 20.000 hingga 30.000 rb. sekarang 4r saya jual hanya 7-8rb, itupun masih di bilang mahal.. semakin lama saya pelajari. kota sangatlah berpengaruh besar... ini pengalaman nyata saya.. semoga anda bisa memikirkan usaha yg cocok untuk berada dikota tersebut..

5:33 AM  
Blogger Devi Anggraeni said...

Makasih infonya

9:03 AM  
Blogger Tri wicaksono said...

Sekedar referensi untuk peluang bagi pemula tanpa resiko http://www.tekanini.com/wicakmanoe&id=1

6:11 PM  
Anonymous Agen Pulsa Termurah di Indonesia said...

Walaupun pendaftaran 100% gratis, namun sistem kami dirancang untuk memberikan penghasilan Anda sebagai Agen Pulsa sampai JUTAAN rupiah. Berikut ilustrasinya:

Komisi Transaksi

Anda akan mendapat keuntungan sesuai setting markup anda ke downline anda dan level nya pun tanpa batas , sebagai contoh anda setting M.50.PIN ,ini berarti anda mendapatkan keuntungan Rp 50,- setiap downline Anda melakukan transaksi pengisian pulsa mulai dari level 1 sampai level 10 sebagai contoh, sehingga potensi penghasilan komisi Anda bisa mencapai Rp 2.097.150.000,-.

ANDA TIDAK PERLU MODAL (0), ANDA HANYA TINGGAL MENGAJAK KONTER atau PENJUAL PULSA BERGABUNG BERSAMA KAMI MELALUI ANDA.

INSYAALLAH BISNIS INI 100% HALAL dan Gampang dijalankan.

7:02 AM  
Anonymous Peluang Usaha said...

Semoga di tahun 2013 ini peluang usaha kecil makin besar sehingga akan tercipta lapangan kerja baru dan bisa memberikan semangat kerja untuk pengusaha yang menginginkan keuntungan dan hasil yang diinginkan. Selamat tahun baru, Gan. Tetap SEMANGAT nge-BLOG.

12:10 AM  
Anonymous usaha coklat 1000an said...

salam kenal mb sinta.
menurutqu ada lagi selain 2 hal td mb, yaitu mencoba bisnis yg 'tanpa resiko' yg sudah dijalankan orang tapi masih sedikit pelakunya. dengan bgt, pasaran kita msh terbuka lebar.
exs : makanan kecil yg msh jarang di pasaran, jajanan kantin sekolah dll.
thxs

8:00 AM  
Blogger Usaha lain gak ada matinya said...

‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
“ppob /online nasional”
Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
info lengkap Hubungi : www.fastpaynasional.com
Hp:081335640101

12:34 AM  
Blogger Ponco Nadi said...

Good luck

9:00 AM  
Blogger Kanaba Abidel Saampiri said...

Bisnis : mesin laundry

7:49 AM  

Post a Comment

<< Home